Arus Balik, Polri Tambah Safety Car hingga Perketat Pembatas Jalan

INDOPOS.CO.ID – Korlantas Polri memberlakukan, rekayasa lalu lintas (lalin) contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta dalam rangka mengurai peningkatan volume lalu lintas saat arus balik Lebaran 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengungkapkan, salah satu skema yang diterapkan adalah rekayasa lalin contraflow sebagai langkah untuk mengawal arus balik kendaraan.

Berbagai komponen telah dipersiapkan, seperti penambahan safety car atau kendaraan pengawalan untuk memonitor batas kecepatan dan penambahan kendaraan bantuan seperti mobil derek, ambulan dan sebagainya.

“Penambahan armada safety car atau kendaraan pengawalan, untuk memantau batas kecepatapan di jalur contraflow,” kata Aan dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (14/4/2024).

“Akan lebih banyak kendaraan darurat atau pendukung seperti mobil derek, ambulans dan sebagainya guna memastikan tindakan mitigasi lebih cepat,” tambahnya.

Sekaligus mengupayakan peningkatan infrastruktur jalan juga dilakukan pihaknya, dengan menambah pembatas jalan seperti traffic cone dan barrier.

“Memperketat pembatasan jalan, dengan menambah kombinasi cone dan barrier pada sepanjang jalur,” ujar Aan.

Selain itu, peningkatan penerangan jalan dengan menambah lampu pembatas di jalur contraflow juga menjadi prioritas.

“Untuk membantu visibilitas pengendara lebih baik, juga akan mengaplikasikan lampu tambahan sebagai pembatas baik di jalur contraflow maupun reguler,” imbuhnya.

Korlantas Polri berjanji selalu mengedukasi kepada masyarakat, tentang prosedur dan pentingnya patuh terhadap aturan lalu lintas saat menggunakan jalur contraflow. Sehingga arus balik Lebaran bisa dielola dengan lebih efisien dan aman bagi semua pengguna jalan. (dan)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Dompet Dhuafa Gelar Jurnalis Siaga 2023, Tangguh Bencana untuk Jakarta Tercinta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *