Debat Pilpres 2024, KPU Tetapkan Kuota 75 Pendukung Capres

INDOPOS.CO.ID – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz menyatakan bahwa KPU telah menetapkan batasan jumlah kuota pendukung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada 75 orang untuk hadir dalam debat Pilpres 2024.

Jumlah tersebut telah mengalami penambahan setelah sebelumnya direncanakan hanya 50 orang masing-masing paslon.

“Setelah kami menghitung, kami memutuskan untuk memperluas agar setiap pasangan calon dapat membawa 75 orang pendukungnya. Dengan demikian, 75 orang untuk setiap pasangan calon berarti totalnya 225 orang,” katanya dikutip INDOPOS.CO.ID pada Minggu, (10/12/2023).

Ia menjelaskan bahwa perhitungan ulang tersebut berdasarkan kapasitas tempat debat di halaman KPU yang dibangun dengan model townhall yang dapat menampung hingga 800 orang.

“Kalau ini tadi kita juga sudah hitung, sebenarnya model town hall yang di halaman KPU ini bisa sampai 800,” ujarnya.

Ilustrasi kotak suara Pemilu. Foto: Ist

Ia pun menuturkan, nantinya sisa kuota akan dipakai untuk tamu-tamu undangan. Di antaranya kementerian-kementerian, Panglima TNI, Kapolri, Bawaslu, DKPP, dan stakeholders terkait lainnya.

“Sisanya itu undangan yang dari KPU untuk kementerian/lembaga, penyelenggara, tamu undangan lain misalnya duta besar semacam itu ada,”tuturnya

Seperti yang telah diumumkan, KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat antara calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2024. Terdapat lima debat yang akan berlangsung selama periode kampanye hingga Februari 2024.

Debat capres akan diadakan sebanyak tiga kali, sementara debat cawapres dua kali. Keseluruhan rangkaian debat ini akan diadakan secara berturut-turut di Jakarta pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, 7 dan 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024. (fer)

Quoted From Many Source

Baca Juga  มิสแกรนด์พะเยา video viral twitter link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *