Dorong Ekonomi UMKM Mustahik, ZCorner BAZNAS Hadir di Rest Area KM 72 A Tol Cipularang

INDOPOS.CO.ID – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menghadirkan ZCorner di Rest Area KM 72 A, Jalan Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, demi mendukung perekonomian UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan memajukan taraf hidup para mustahik.

Konsep ZCorner merupakan upaya kolaboratif untuk mengumpulkan UMKM binaan BAZNAS dan produk UMKM lainnya sebagai produk oleh-oleh yang telah mendapatkan sertifikasi halal dalam satu lokasi pemasaran. Melalui ZCorner, BAZNAS memberikan dukungan nyata dengan memberdayakan UMKM melalui pemasaran yang terorganisir, bertema Zona Halal.

Zona Halal di Rest Area KM 72 A juga sebagai proyek percontohan yang akan mendorong pemasaran usaha ZCoffee, ZMart, dan ZChicken oleh mustahik binaan BAZNAS yang berkolaborasi dengan UMKM binaan Rest Area, binaan BAZNAS Kab. Purwakarta, dan binaan BAZNAS Provinsi Jawa Barat.

“Para pelaku UMKM mustahik melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonominya dan menjadikan mereka menjadi muzaki di kemudian hari,” ujar Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A., dalam sambutannya di acara peluncuran ZCorner KM 72A, di Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024).

Noor menyebut, ZCorner adalah bentuk kolaborasi baik antara rest area, pemilik, mustahik sekitar, dan UMKM, sehingga apa yang sudah dilakukan akan direplikasi dan dikembangkan di tempat lain.

Noor menambahkan, BAZNAS berupaya memperkenalkan konsep inovatif melalui ZCorner. ZCorner bukan hanya sekadar sebuah program, tapi juga sebuah visi untuk membantu UMKM yang menjadi salah satu tulang punggung ekonomi masyarakat rentan.

“Pilihan Rest Area KM 72 A bukan tanpa alasan. Dengan jumlah pengunjung mencapai ribuan saat musim liburan dan momen-momen penting lainnya, Rest Area KM 72 A menjadi tempat strategis untuk mengenalkan produk-produk UMKM kepada khalayak luas, termasuk pengendara individu, mobil travel, dan bus,” ucap Noor.

Baca Juga  IWIP Award 2024, 313 Karyawan Diganjar Penghargaan

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Krida Bangun Persada, Jimmy Leo Tjandra, selaku Pengelola Rest Area KM 72 A mengatakan hadirnya ZCorner ini menjadi peluang bagus untuk memajukan UMKM lokal. Terlebih Rest Area KM 72 A sering mengadakan event yang dihadiri banyak pengunjung.

“Salah satu target kita adalah meningkatkan komunitas. Ada berbagai komunitas dan event di resta area ini. Contohnya di Rampest (Ramadhan Festival), itu yang datang bisa 20 ribu kendaraan. Dengan angka tersebut, bisa dibayangkan peluangnya,” ujar Jimmy.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Koperasi & UKM Bidang Hubungan antar Lembaga, Muhammad Riza Damanik ST. MSI,PHD menyebut ZCorner sebagai sebuah terobosan yang positif, dan merupakan bentuk kolaborasi banyak pihak untuk mencapai tujuan kebaikan di tengah masyarakat.

“Kami senang, dan bagus sekali kolaborasi dengan BAZNAS. Ini bisa kita perluas karena kebijakan, infrastruktur, dan kemitraannya sudah ada. Selain itu, kita punya tantangan besar, kita ingin mengentaskan kemiskinan ekstrem, meningkatkan pendapatan per kapita, dan menaikkelaskan UMKM kita. Rest area ini bisa menjadi suatu platform untuk mencapai tiga hal tersebut,” katanya.

Turut hadir dalam acara peluncuran ZCorner Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan S.Ag, M.Si; ⁠Pimpinan BAZNAS RI Bidang SDM, Keuangan & Umum, Kolonel CAJ (Purn) Drs. Nur Chamdani; Ketua BAZNAS Prov. Jawa Barat, Dr. H. Anang Jauharuddin, M.M.Pd; Wakil Ketua III BAZNAS Prov. Jawa Barat, H. Achmad Ridwan, S.E., M.M.;Kadis Plt DKUPP, Dani Abdurahman. SH. MH.; Kasi UMKM, Suryati. SST; ⁠Ketua BAZNAS Kab. Purwakarta, Rika Ristiawati, ME.; dan ⁠Wakil Ketua II BAZNAS Purwakarta, H. Andri Hendrawan, S.Pd. (ibs)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *