Elektabilitas Gibran Rakabuming Raka Mulai Melejit

INDOPOS.CO.ID – Pasca ditetapkan calon wakil presiden (cawapres) oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM), nama Gibran Rakabuming Raka terus melejit. Hal itu disampaikan oleh lembaga survei Populi Center yang merilis hasil survei nasional elektabilitas capres-cawapres untuk pemilu 2024.

“Pada pertanyaan terbuka, Gibran Rakabuming Raka (25,9 persen) menjadi nama yang paling banyak dipilih untuk menjadi wakil presiden,” ujar Peneliti Populi Center, Hartanto Rosojati, dalam paparannya, di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Hartanto melanjutkan nama Mahfud MD (16,3 persen) cukup jauh tertinggal, dan terakhir ada nama Muhaimin Iskandar yang meraih angka 12,3 persen. Adapun tokoh-tokoh lain mendapatkan persentase di bawah 2 persen. Sisa angka masuk kategori tidak tahu/tidak jawab sebesar 34,1 persen.

Bergabungnya nama Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Prabowo Subianto membuat pergeseran yang cukup signifikan dari pemilih pemula (berusia <35 tahun). Pada data survei September lalu, Prabowo didukung oleh 39,4 persen, sementara Ganjar Pranowo (36,3 persen), dan Anies Baswedan (18,8
persen).

Namun ketika Prabowo-Gibran berpasangan, dukungan dari pemilih berusia <35 tahun meningkat menjadi 54,7 persen. Sedangkan dukungan terhadap pasangan Ganjar-Mahfud turun drastis menjadi 15,3 persen, dan Anies-Muhaimin menjadi sebesar 19,1 persen.

Adapun survei tersebut dilaksanakan pada 29 Oktober hingga 5 November 2023 dengan melibatkan 1.200 responden menggunakan metode stratified multi stage random sampling.

Para responden merupakan warga negara Indonesia dengan kriteria sudah di atas 17 tahun dan sudah mempunyai hak memilih. Survei dilakukan dengan metode wawancara melibatkan surveyor terlatih. Adapun margin of eror survei +/- 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (ibs)

Quoted From Many Source

Baca Juga  KemenKopUKM: LPS Koperasi Jadi Pelindung Hak-Hak Anggota Koperasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *