Harga Beras Melonjak, PKS: Berdampak Serius Bagi Masyarakat Rentan

INDOPOS.CO.ID – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi menyoroti tingginya harga beras. Hal ini tentu berdampak pada sosial ekonomi masyarakat, terutama pada kelompok masyarakat rentan.

“Kenaikan harga beras dapat memiliki dampak sosial ekonomi yang serius terutama pada kelompok masyarakat rentan,” ungkap Habib Aboe di Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Ia menyebut, beberapa dampak di antaranya adalah peningkatan biaya hidup, mengakibatkan kelaparan dan malnutrisi, dan menimbulkan ketidakstabilan sosial. Kenaikan harga beras ini, tidak membawa kesejahteraan kepada petani sebagai produsen.

“Karena rendahnya harga gabah semakin menyusahkan rakyat sebagai konsumen,” katanya.

Menurut dia, kebijakan pemerintah mengintervensi harga beras dengan impor beras hanyalah langkah taktis jangka pendek. Tentu saja ini belum mengatasi akar masalah naiknya harga beras.

“Pemerintah perlu menyiapkan langkah jangka panjang,” ungkapnya.

“Perlu dilakukan inovasi dalam sektor pertanian. Seperti penggunaan teknologi modern dan praktik pertanian yang lebih efisien. Dapat meningkatkan kualitas dan mengurangi kerentanan terhadap faktor-faktor alam,” imbuhnya.

Menurut dia, pemerintah perlu melakukan pengelolaan cadangan beras yang baik untuk digunakan pada situasi darurat saat pasokan berkurang. Dan melakukan deversifikasi pangan di masyarakat.

“Ini untuk mengurangi ketergantungan kepada beras sebagai sumber utama karbohidrat,” ujarnya.

“Pemerintah harus meningkatkan keamanan pangan untuk memastikan akses pangan yang baik bagi masyarakat rentan,” imbuhnya. (nas)

Quoted From Many Source

Baca Juga  TKN: Terbuka untuk Umum, Prabowo-Gibran Gelar Pesta Rakyat 10 Februari di GBK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *