Hilirisasi Mutlak Dilakukan, Prabowo: Perlu Investasi Pendidikan yang Besar dan Perbanyak Beasiswa S1

INDOPOS.CO.ID – Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menekankan bahwa hilirisasi mutlak dilakukan, agar bangsa Indonesia dapat menikmati sendiri tarnpa mengalami net outflow terus-menerus.

“Kebijakan kadang bisa mengubah nasib suatu bangsa. Kita bisa hentikan mengalirnya kekayaan negara kita keluar,” kata Prabowo dalam paparan visi dan misi perekonomian RI di acara Sarasehan 100 ekonom yang digagas INDEF, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Salah satu yang digarisbawahi adalah hilirisasi industri pertahanan (inhan). Ia mengatakan, diperlukan investasi pendidikan seperti science, technology, engineering, and mathematics (STEM) agar menghasilkan sumber daya manusia unggul untuk kemampuan produksi.

“Yang terjadi pada abad ke-21 ini adalah suatu revolusi yang namanya STEM,” ujar Prabowo.

“Industri pertahanan memang tidak bisa lepas dari pendidikan. Kalau kita bicara hilirisasi (inhan), kita bicara ilmu STEM. Ini bermanfaat untuk produksi,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Prabowo berharap Indonesia dapat mencetak lebih banyak lulusan pendidikan di bidang STEM, seperti Cina yang tiap tahunnya dapat menghasilkan 4,6 juta dan India 2,5 juta sarjana di bidang tersebut.

“Kita pun harus investasi besar-besaran dalam pendidikan, terutama STEM. Kita nggak usah terlalu minder, ya kita ketinggalan, tapi saya optimistis,” ucapnya.

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga ingin memaksimalkan beasiswa pendidikan S1 untuk anak-anak Indonesia.

Prabowo mengatakan program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) harus dimanfaatkan dengan optimal untuk membiayai uang kuliah mahasisw yang kurang mampu.

“LPDP setiap tahun hanya dipakai kurang lebih 60 persen. Belum optimal,” cetusnya.

“Apakah anak-anak kita takut mendaftar atau tidak mengerti mendaftar? Harus dibantu,” imbuhnya menambahkan.

Sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), salah satu langkah yang sudah Prabowo lakukan dalam memaksimalkan beasiswa pendidikan S1 untuk anak-anak Indonesia adalah, full scholarship bachelor degree di Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

Baca Juga  Kontingen TNI AD Berhasil Juarai Kompetisi Tembak AARM-31/2023 di Thailand

“Di Universitas Pertahanan, saya kasih sekarang S1 full scholarship,” ungkapnya.

“Jadi, saya setuju kita bisa tambah (beasiswa S1 lebih banyak), we have to be more generous,” pungkasnya yang disambut tepuk tangan hadirin. (dil)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *