Jelang Akhir Tahun, BPN Kota Serang Baru Mampu Selesaikan PTSL 19 Persen

INDOPOS.CO.ID – Penyelesaian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang menjadi program strategis presiden Joko Widodoo (Jokowi) dan menjadi proram unggulan Kementerian Agraria, Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam menjamin kepastian hukum atas hak atas tanah masyarakat di kantor Pertanahan Kota Serang, terbilang paling rendah di jajaran Kanwil (Kantor Wilayah) BPN Provinsi Banten.

Padahal, wilayah kerja BPN Kota Serang tidaklah seluas daerah lain di provinsi paling ujung barat pulau Jawa tersebut. Namun proyek strategis nasional di di daerah itu terkesan lamban, sehingga tidak berbanding lurus dengan jumlah Pegawai Negeri Sipil dan PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) yang mengerjakan program PTSL di Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Serang tersebut.

Salah seorang sumber indopos.co.id di Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Serang mengungkapkan, baru tahun ini Kantah Kota Serang sebagai pemekaran dari Kantah Kabupaten Serang terendah dalam pencapaian target penyelesaian PTSL di jajaran Kanwil BPN Banten.

”Tahun ini mungkin BPN Kota Serang terendah dalam capaian target PTSL di jajaran Kanwil BPN Banten,” ungkap seorang pegawai di lingkungan Kantah Kota Serang yang enggan ditulis namanya, Senin (11/12/2023).

Ia mengungkapkan, dari target PTSL untuk KI atau menjadi SHAT (Sertipikat Hak Atas Tanah) sebanyak 2.000 bidang, namun sampai saat ini yang baru terealisasi menjelang tutup tahun anggaran 2023 hanya 199 bidang yang sudah diserahkan kepada masyarakat, dan yang siap diserahkan sebanyak 350 bidang atau setara 19,05 persen.

”Kami tidak tahu kendalanya apa. Padahal untuk pengumpulan data yuridis (pildadis) sudah selesai 100 persen, namun sulit untuk diproses menjadi buku sertipikat atau K1,” ungkapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Penetapan Hak dan Pendaftaran (PHP) Kanwil BPN Banten Yayat Ahadiat Awaludin yang dikonfirmasi membenarkan, hingga saat ini Kantah Kota Serang paling terendah dalam pencapaian target PTSL.

Baca Juga  Harga sewa mobil box di Jakarta Barat terbaru

”Sejauh ini memang Kantah Kota Serang yang terendah dalam penyelesaian PTSL,” ujar yayat.

Namun demikian,Yayat optimistis Kantah Kota Serang akan mampu mencapai terget penyelesaian SHAT atau K1 100 persen sesuai dengan target yang diberikan.

”Kan masih ada waktu beberapa hari ke depan, dan kami tetap optimistis Kantah Kota Serang akan mampu mencapai target,” cetus Yayat.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten Sudaryanto menegaskan, pihaknya akan memberikan reward dan punishment terhadap kepala kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di Banten yang dapat mencapai target penyelesaian Program Strategis Nasional (PSN), seperti progran Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), pengadaan tanah untuk jalan tol, bendungan, dan proyek strategis lainnya di wilayah masing masing.

“Tentu kami akan memberikan reward atau penghargaan kepada Kantor Pertanahan yang dapat mencapai target PSN, seperti Kantah Kabupaten Tangerang, meski pelayanan rutinnya sangat banyak, namun mereka berhasil menuntaskan PTSL 2023, termasuk juga akan memberikan punishment atau teguran kepada kantah yang tidak mencapai target, ” terang Sudaryanto. (yas)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *