Satgas RAFI 2024, Wujud Komitmen Pertamina Jaga Pasokan Energi

INDOPOS.CO.ID – Pembentukan Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI) 2024 Pertamina, dinilai sebagai wujud kesiapan dan keseriusan BUMN tersebut dalam menjaga pasokan energi. Mulai dari hulu, pengolahan, hingga transportasi dan distribusi kepada masyarakat.

“Ya, (Pertamina) sangat siap, serius. Karena sebagai BUMN tentu memiliki fungsi pelayanan publik,” ujar Direktur Eksekutif Center on Reform on Economics (Core), Mohammad Faisal di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Kesiapan dan keseriusan Pertamina tersebut, menurut Faisal, sangat penting. Karena pada saat Ramadan dan Idulfitri, mobilitas masyarakat mengalami peningkatkan luar biasa. “Artinya kalau ada peningkatan mobilitas, terutama menggunakan kendaraan lewat darat, tentu meningkatkan permintaan bahan bakar,” katanya.

“Jika suplai dan distribusi tidak disiapkan, tentu arus mudik akan terganggu,” imbuhnya.

Terlebih, lanjut Faisal, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi bahwa terdapat tren kenaikan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Yakni, sebanyak 193 juta orang dibandingkan periode yang sama pada 2023.

“Itu kan pergerakan manusia yang sangat luar biasa tinggi. Dan prediksi ini, terbanyak adalah menggunakan kendaraan darat atau melalui jalan raya,” terangnya.

“Artinya, perlu persiapan suplai bahan bakar yang jauh lebih banyak dari biasanya. Tetapi Pertamina tentu sudah melihat pola mudik dari tahun-tahun sebelumnya. Termasuk tahun ini, yang diprediksi lebih tinggi lagi,” tambahnya.

Dari sudut pandang ekonomi, menurut Faisal, kelancaran pasokan energi oleh Pertamina selama Ramadan dan Idulfitri juga sangat penting. Sebab, jika terjadi kendala distribusi atau bahkan kelangkaan, maka akan banyak pemudik terlantar di tengah jalan.

Bahkan, lanjut Faisal, tidak menutup kemungkinan akan memunculkan para spekulan yang menjual BBM dengan harga jauh lebih tinggi dari harga yang sudah ditetapkan.B“Makanya kesiapan dan keseriusan Pertamina layak diapresiasi,” jelasnya.

Baca Juga  Tangani Stunting, Istri Pj Gubernur Banten Tine Al Muktabar Demo Olahan Nugget Ikan Patin

Diketahui, menghadapi arus mudik dan arus balik pada Ramadan dan Idulfitri 2024, Pertamina mengaktifkan kembali Satgas RAFI 2024. Kick off Satgas RAFI 2024 dilakukan secara daring oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution, bersama jajaran Direksi Subholding Pertamina hari ini, Selasa (26/3/2024). (nas)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *