Trik SGIE – www.indopos.co.id

Oleh: Dahlan Iskan

INDOPOS.CO.ID – MESKI lagi di Kowloon, saya ikuti debat cawapres kemarin malam. Lewat YouTube. Sebenarnya ada janji bertemu orang di sana malam itu. Bisa saya majukan sehari sebelumnya.

Saya ikuti debat itu karena penasaran. Di hari-hari sebelumnya, di salah satu grup WA yang saya ikuti, banyak anggota yang membayangkan betapa akan hancur ”anak kecil” itu di debat nanti.

Ia begitu diremehkan. Sampai ada komentar yang menyindir tapi jenaka: baiknya KPU mengizinkan ia bawa kertas catatan. Disahut yang lain: juga boleh bawa laptop. Ditimpali satunya: kalau perlu boleh bawa tim ke panggung. ”Sekalian boleh bawa bapaknya,” sahut yang lain lagi.

Selesai debat, saya buka grup WA yang sama: ternyata banyak yang memuji ”anak kecil” itu. Bahkan dinobatkan sebagai pemenang debat. ”Menang telak,” kata mereka.

Hanya ada satu WA yang mengatakan ”anak kecil” itu sombong. Satu lagi mengatakan ia triki: menjebak cawapres lain dengan pertanyaan berupa singkatan, tanpa konteks.

Kalau saja pertanyaan itu ditambah enam kata mungkin kesan triki-nya bisa hilang. Misalnya ditambah ”dalam ekonomi syariah kita mengenal singkatan SGIE…”. Bagus. Tetap sulit tapi elegan.

Tapi hari ini saya tidak akan membahas soal debat itu. Satu jam sebelum debat saya menerima WA dari pengacara Surabaya: Eksi Anggraeni dijatuhi hukuman 7 tahun penjara –lebih ringan dari tuntutan jaksa yang 10 tahun. Tiga terdakwa lainnya, para manajer PT Antam, kena 66: enam tahun dan enam bulan.

Maka sepotong lagi serpihan berita ”emas 6 ton PT Antam” perlu dirangkai. Eksi merasa dikorbankan. Wanita 54 tahun bermarga Kho ini masih penasaran: mengapa permintaan untuk menghadirkan satu saksi penting tidak dikabulkan. Juga: mengapa permintaan untuk melihat faktur asli tidak dipenuhi.

Saksi yang dimaksud Eksi adalah seorang pejabat di PT Antam. Namanya Nur Prahesti. Menurut Eksi, orang itu yang tiga kali menemuinyi di bulan Desember 2018. Orang itu yang mendesak agar Eksi cari pembeli lagi. Senilai Rp 92 miliar. Desember harus tutup buku.

Kesan Eksi, di tutup tahun itu Antam terasa seperti kepepet cash flow. “Beliau akhirnya berterus terang mengapa perlu uang begitu besar dalam waktu cepat,” ujar Eksi. “Terus terang saja ini untuk menutup KMK di Bank Mandiri,” ujar Eksi mengutip orang itu.

Kredit itu, kata Eksi mengutip kata-kata orang tersebut, untuk menutupi lubang akibat pernah ada korupsi di PT Antam. Yang korupsi sudah dibawa ke pengadilan tapi lubangnya masih menganga.

Sayangnya potongan itu tidak bisa dirangkai. Kalau saja saksi bisa dihadirkan akan jelas apakah keterangan Eksi itu benar.

Eksi sendiri masih sedikit lega. Dia tidak langsung masuk penjara. Waktu vonis itu dijatuhkan status Eksi adalah tahanan kota di perkara lain. Berarti dia masih bisa merawat mamanyi yang sudah tua. Itu yang terus jadi pikiran Eksi: siapa yang merawat mamanyi kalau dia di dalam penjara.

SGIE: Sial Gede Ini Eksi. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan*

Edisi 23 Desember 2023: Lempar Handuk

Agus Suryonegoro III – 阿古斯·苏约诺

“MUNGKIN karena ia pernah sakit prostat – seperti ‘perusuh’ Disway yang jadi juara itu. Bahkan ke kanker prostat”, begitu tulis Abah DIS di CHDI hari ini. Wah wah.. fokus Abah tentang saya kok selalu ke sana ya. He he.. Padahal di Prambanan itu, yang saya tawarkan bantuan penyembuhan pertama adalah untuk penyembuhan ‘syaraf kecepit” dengan dry cupping. Yaitu saat perusuh dari Padang Sidempuan, pak Hamhis Siregar, ingin menolong temannya yang kena syaraf kecepit. Jadi bagi manteman yang kena syaraf kecepit, dan tinggal di Jakarta, saya siap bantu. Kalau kena masalah ‘keperkasaan karena lansia’, yaitu syaraf di sekitar anu nya dah capek, saya siap menolong pakai ‘olahraga’. Perlu saya tekankan, hanya olahraga. Saya tidak akan mengajarkan “bandul” ya.. ### Catat lagi ya manteman.. 1). Syaraf kecepit. 2). Keperkasaan khusus tuk lansia yang butuh pertolongan dan masih memerlukan karena berbagai hal. 3). Tinggal di Jakarta..

Lagarenze 1301

Nama mantan Wali Kota New York dalam CHD hari ini ditulis dua versi: 1. Rudy Giuilani. 2. Rudy Giuliani. Yang benar: Giuliani. Lengkapnya, Rudolph William Louis “Rudy” Giuliani. Memang rawan salah ketik. Apalagi kalau buru-buru. Saya pun di komen bawah salah menulis Rudy Giuiliani. Tidak check dan recheck. Karena mengejar pertamax. 🙂

AnalisAsalAsalan

Sudah Dua Kali https://20.detik.com/detikupdate/20231223-231223042/kpu-akan-tegur-lagi-gibran-seusai-aksi-bakar-semangat-pendukung-di-debat Ketua KPU, Hasyim Asy’ari akan menegur kembali calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka usai aksinya membakar semgat pendukung di debat cawapres. Hasyim juga menyinggung para calon sudah dewasa dalam berpolitik. ####### Usia bertambah itu pasti. Menjadi dewasa adalah pilihan.

Baca Juga  BMKG: Seluruh Wilayah Jakarta Diperkirakan Cerah Sepanjang Hari

thamrindahlan

Selamat Sabtu Pagi Abah, Pak Mario dan sobat Perusuh nan elok hati. Pelatih sayang sama petinju nya pasti segera “lempar handuk” Ini petanda anak asuh sang petinju sedang dalam keadaan nyaris KO. Dari pada dari pada mendapat musibah binasa lebih baik mengalah dulu. Mengalah untuk kali ini InshaAllah di pertandingan tinju berikutnya bisa revance, Itulah makna lempar handuk di dunia olahraga terutama tinju. Abah menggunaklan istilah lempar handuk di dunia politik. Sah sah saja bersebab makna sama : menyerah kalah. Menyerah tak mampu lagi bergulat dengan persoalan pelik bersebab kehabisan peluru. Tentu saja Donald Trump harus menerima kenyataan pahit. Pembela (pengacara) sudah ko:it, mau apalagi. Jalan keluar ada dua . Pertama tetap bertahan mencari pengacara baru atau ya sudahlah the end. Tetapi DT bukan sembarang petarung pecundang, Beliau pasti tidak mau menyerah sampai titik darah penghabisan. Oh ya tadi malam asyiek juga nonton debat Cawapres. Sobat perusuh tentu punya kesan tersendiri perihal gestur Gibran, Cak Imin dan Pak Mahfud. Kesan awak podium di arena panggung ternyata berfungsi untuk menaruh catatan. Kata teman : catatan sejenis “kepekan” ketika ujian. Benarkah ? Apakah tidak lebih baik tanpa podium sehingga debat lebih orisinil, Asli kemampuan intelektual. GRR. lelah berjalan kaki baiknya anda duduk / Istirahat sejenak tarik napas agar leluasa / Apa arti sebenar istilah lempar handuk / Menyerah kalah dari pada binasa / Salamsalaman

AnalisAsalAsalan

Apakah Gibran Mengejutkan? Karena saya melihat debat pilkada Solo, ya tidak mengejutkan dari segi penampilan. Yang mengejutkan adalah Gibran menyerang. Padahal, timsesnya bilang tidak akan menyerang. Bahkan, Grace berharap Mahfud MD dan Imin tidak menyerang Gibran. Inilah strategi paslon 2 yang dimakan oleh paslon lain. Di dunia hacker disebut social engineering. Maka, debat berikutnya, capres maupun cawapres saling serang saja. Hajar.

Mirza Mirwan

Hakim yang menyidangkan gugatan Ruby Freeman dan Shaye Moss adalah Beryl Howell. Ruby Freeman dan putrinya berkulit hitam dan sama-sama bertubuh subur.

Mirza Mirwan

Sekadar menambahkan. Kalau bukan karena gugatan Ny. Ruby Freeman dan putrinya, Wandrea ArShaye Moss (Shaye Moss), barangkali Giuliani tidak mengajukan permohonan pailit ke Pengadilan New York. Ibu dan anak yang menjadi pekerja pemilu (semacam PPS Kecamatan) 2020 di Georgia itu dituduh Giuliani mencuri suara Trump dan dimasukkan ke suara Biden. Dan tuduhan itu diulang-ulang Giuliani di mana dan kapan saja tiap kali bicara kecurangan pemilu. Begitulah, ibu dan anak itu menggugat Giuliani ke Pengadilan Federal Distrik Washington DC — bukan di Georgia. Dan Jumat, 15/12, yang lalu 8 jury memutuskan Giuliani harus membayar ganti rugi kepada Ruby Freeman dan Shaye Moss dengan total US$148.189.000 (setara hampir Rp2,3 triliun). Rinciannya sbb: * Klaim Pencemaran nama baik (defamation claim): untuk Ruby Freeman US$16.191.000, dan untuk Shaye Moss US$16.998.000. *. Klaim tekanan emosional yang disengaja (Intentional infliction of emotional distress claim): untuk Ruby dan Shaye masing-masing US$20.000.000. * Ganti rugi hukuman (punitive damages) sebesar US$75.000.000 untuk kedua penggugat. Dan hakim memerintahkan Giuliani untuk segera membayar ganti rugi tersebut. Apa mau dikata, kekayaan bersih Giuliani saja kurang dari US$10juta, sementara punya utang US$151juta. Bagaimana mungkin ia bisa membayar ganti rugi US$148,2juta?

Lagarenze 1301

Lapak CHD bakal seru dengan komen hasil  debat cawapres. Tapi ada yang lebih seru. Manchester City menjadi superklub yang meraih quintuple: lima gelar selama 2023. Man City dini hari tadi meraih titel juara Piala Dunia Antarklub dengan menang telak 4-0 atas klub Brasil, Fluminense. Sebelumnya, pasukan Pep Guardiola sudah menjuarai Piala FA, Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Super Eropa. Sebagai catatan: – Quintuple: lima gelar. – Quadruple: empat gelar. – Triple: tiga gelar. – Double: dua gelar. – Single: satu gelar.

Handoko Luwanto

We Miss U, Perusuh Disway Last seen a week ago : @Edisi: 15-12-2023=Emas Antam

#1.Asep Sumpena

#2.Ketut Bagiarta

#3.MARWAN HAMHIS

#4.Riyono ,SKP @Edisi: 14-12-2023=Panas Nyata

#5.Citra Cilia

#6.ibnuhidayat setyaningrum

#7.Kak Idam

#8.Kalur Nur

#9.Macca Madinah

#10.Mora Edu Indonesia @Edisi: 13-12-2023=Muktamar Rapim

#11.adi ya adi

#12.Ardinal

#13.Guslurah

#14.Parganago Lumbanahor

@Edisi: 12-12-2023=Rektor Tengah

#15.ahmad faqih

#16.Fauzan Samsuri

#17.Rofi^udin

@Edisi: 11-12-2023=Emas Natal

#18.dabudiarto71

#19.donwori

#20.Edyanto

#21.Zak cen Fu

Jhel_ng

Waktu kuliah saya tertarik dengan kata “lomba debat”. Tapi hati berkata, “wong sudah jelas kok diperdebatkan. Wong sudah ada yang benar kok diperdebatkan. Wong sama baiknya kok berdebat.” Dan wong-wongan lainnya. Intinya debat adalah aktifitas tak berguna, begitu suara hati saya saat itu. Saat mengajar ditugaskan menjadi pembina debat… KDMI. Saya berpartner guru Bahasa Inggris yang membina bidang debat B Ing: NUDC. Saya belajar banyak dari beliau yang lebih dulu gandrung dengan format2 debat. Saya disuguhi tontonan debat parlemen inggris yang ditayangkan di youtube saat berkunjung ke kantornya. Baginya debat tidak hanya tentang argumen, tapi juga retorika. Makanya beliau juga pengagung Trump. Trump retorikanya bagus. “Bagus membalik logika kah pak?” Beliau hanya tertawa… Saya sampai melihat babak pendahuluan ke Ponorogo, melihat banyak video di youtube dan hati saya berubah: anak muda harus belajar berdebat. Tentu dengan berbagai macam aturan main yang wajib ditaati.

Baca Juga  Ketua DPRD Klungkung Bali Apresiasi Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai, Aman dan Demokratis

Yellow Bean

Hati hati Beli… Lantai sumur kadang licin.. Aku belum ngosek lantai nya. Nanti aku bawakan handuknya..

Leong Putu

“Pa….kalau papa keluar sendiri, jangan pakai parfum yang mama belikan!”. “Tapi Ma…ini ada pertemuan penting dengan Pak sekda”. “Gak usah pakai parfum, kan ketemuannya malam hari. Di ruang berAC”. “Tapi Ma…..” “Gak usah pakai tapi!” “Tapi…” “Sekali gak boleh, tetap gak boleh!”. “Dikit aja….” “Gak boleeeeeh”. “Ya udah, aku beli parfum sendiri aja”. “Terseraaaah… coba aja!”. (Dua jam kemudian) —Aroma Parfum Asing Dilarang Masuk Rumah Ini, Sebelum Bau Parfum Tersebut Hilang, Silakan Tidur Di luar—- “Haduuuuuh…. mama tega banget”. “Gak peduli….” “Kirim baju ganti dooong…! Ini baju mau papa cuci” “Gak ngurus….!” “Ma………”. “………….”

Leong Putu

WARNING!: ========= JANGAN BERDEBAT DENGAN ORANG LAIN, JIKA BELUM MENANG JIKA BERDEBAT MELAWAN ISTRI.

Rihlatul Ulfa

Adakah para perusuh masih mengingat, bahwa hari ini pada kurang lebih jam 09.00, kita sedang memakan gudeng yang enak bgt itu di Prambanan. Yang kita tidak sadar 2 hari setelahnya drop semua, karena terlalu menggoyang pas senam wkwk.

Rihlatul Ulfa

ohh itu serius makan siang gratis menghabiskan biaya 400 triliun? seluruh Indonesia masyarakatnya makan siang gratis? kata cawapresnya, 400 triliun itu nantinya untuk stimulan Indonesia emas, uang 400 triliun juga sampai ke daerah-daerah, ke warteg-warteg katanya. HAHAHA

Jimmy Marta

Salam super @Bung L1301. Luar biasa memang Pep Guardiola ini. Bersama Barca ia pernah lebih ‘gila’. Dalam satu tahun (2009) ia merengkuh 6 trophi. Juara laliga Copa del Rey Liga Champion Piala Super Spanyol Piala Super Eropa Piala Dunia Antar Klub. Salam bola.

Lagarenze 1301

Santai sejenak. Pengantin baru sedang menjalani malam pertama. Sebelum bertempur, keduanya sepakat mandi dulu. Karena belum terbiasa, mandinya gantian. Istri dulu yang mandi. Setelah selesai, ia keluar dengan tubuh dililit handuk. “Kok masih pake handuk sih? Kita ‘kan udah married,” ujar suami. Istri tersipu. “Oh, iya, lupa,” katanya seraya melepas handuk. “Jangan diketawain, ya. Banyak lemak di sana-sini.” Suami pun memotretnya. “Untuk apa sih?” tanya istri. “Bukan untuk apa-apa, sayang. Foto ini kusimpan di HP. Nanti aku pakaikan aplikasi filter biar kelihatan lebih mulus.” Wajah si istri langsung jelek mendengar perkataan suaminya. Lalu giliran suami mandi. Saat keluar kamar mandi, ia tetap pakai handuk. “Lho, kok masih pakai handuk? Kita ‘kan udah nikah!” ujar istri. “Oh, iya, lupa,” kata suami langsung membuka handuknya. Istri terkejut. Dia segera mengambil HP lalu memotret. “Untuk apa?” tanya suami. “Bukan untuk apa-apa, sayang. Untuk disimpan di HP. Kan ada aplikasi zoom.”

Agus Suryonegoro III – 阿古斯·苏约诺

Sebenarnya l, karena ini olahraga lansia – gerakannya “sudah disesuaikan”. Maksudnya gerakannya “sederhana”. Pak MZ Arifin Ysh.. Orang tua itu kalau ikut olahraganya ibu-ibu biasanya”susah”. Karena kalau fokus gerakan kaki, lupa gerakan tangan. Nah, olahraga lansia ini gerakannya samgat dibuat sangat sederhana. Gerakannya fokus. Tangan saja, atau kaki saja. Tapi hitungannya banyak. Misal 300 kali, 100 kali dan 50 kali. Meski demikian mengingatnya juga tidak sulit. Bagi lansia sekalipun. Saya punya trick caranya menghitung. Namun demikian, gerakan itu kalau “hanya” dituliskan, rawan salah gerakan. Yang bisa membahayakan. Atau minimal tidak bisa memberikan efek seperti diharapkan. Jadi saya tidak bisa menuliskannya di sini. Apalagi barang baik pun, sering ditafsirkan salah. Bahkan oleh profesor ber IQ jauh di atas rata-rata. Apalagi karena ada kata-kata keperkasaan. Mikirnya jauh. Padahal hanya karena tidak tau. Jadi yang membutuhkan, sebaiknya ketemu saya di Jakarta. Khusus keperkasaan, ketemu saya cukul sekitar 1 jam sudah cukup. Akan saya kasih daftar/ catatan gerakannya. Dan contoh gerakannya yang sempurna. Hanya olahraga..! Thok..! Tidak ada bandul atau dibanduli..!! Selanjutnya bisa melakukan sendiri, sesuai catatan dam contoh. Ini semua saya bagikan sebagai rasa syukur.. Berbagi, karena full syukur..!! Sekali lagi full syukur.. +++ Khusus syaraf kecepit, harus ketemu saya, minimal 10 kali pertemuan. ###Dan saya hanya bisa di Jakarta ya..

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *