United Tractors Gelar Rakorda SOBAT di 4 Area Indonesia

INDOPOS.CO.ID – PT United Tractors Tbk (UT) memperkuat komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui program Sekolah Binaan UT (SOBAT). Kali ini, UT menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di empat lokasi berbeda di Indonesia, yaitu Provinsi Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Rakorda SOBAT ini menggandeng para pemangku kepentingan seperti dinas pendidikan, pemerintah setempat, dan puluhan sekolah binaan UT.

Manajer CSR UT, Himawan Sutanto mengatakan, Rakorda SOBAT menjadi momentum bagi UT dan pemangku kepentingan pendidikan dalam mensinergikan program-program SOBAT 2024 dengan target peningkatan kualitas pendidikan bagi siswa/i sekolah binaan UT. Rakorda ini juga menjadi wadah UT dalam menggali lebih jauh potensi yang dimiliki oleh siswa/i sekolah binaan melalui sejumlah program yang dipersiapkan pada tahun ini.

“Penyelenggaraan Rakorda SOBAT merupakan sebuah upaya yang UT lakukan bersama dengan pihak pemerintah daerah untuk menciptakan program yang bisa menghasilkan lulusan ahli di bidangnya, serta dapat membangun reputasi sekolah yang baik dan menjadi sekolah unggulan. Kolaborasi seperti ini akan terus konsisten UT lakukan untuk memberikan kontribusi secara maksimal terhadap program SOBAT di seluruh Indonesia,” ujar Himawan, seperti dikutip, Sabtu (10/2/2024).

Rakorda SOBAT di area Riau dan Sumatera Barat diikuti oleh tujuh sekolah binaan yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Januari 2024, berlokasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Global Cendekia, Kampar, Provinsi Riau. Adapun pembahasan dalam kegiatan ini meliputi evaluasi dan penguatan Grand Plan SOBAT 2024 yang berisi progres, capaian, feedback, dan mendorong percepatan link & match antara sekolah dan UT selaku mitra industri.

Selain itu, Rakorda SOBAT area Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 6-7 Februari 2024. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh 25 sekolah binaan UT yang berlokasi di di Aula BPVP Kota Samarinda.

Baca Juga  Alasan Hakim MK yang Dissenting Opinion: Ada Dugaan Intervensi Kuat Kekuasaan

Pada kesempatan ini juga, UT melakukan penandatangan kerja sama untuk menjalankan 14 program SOBAT yang terdiri dari kurikulum dan metode pembelajaran, lomba keterampilan siswa, SOBAT competition, production based factory, training guru dan siswa, magang guru dan siswa, uji kompetensi siswa, sertifikasi dan kompetensi guru, budaya industri, rekrutmen UT School, kunjungan industri, alat peraga, standarisasi kelas dan workshop, serta safety center. UT juga memberikan hibah alat berat Differential Unit Komatsu HD 1500-5 ke SMKN Muhammadiyah Loajanan.

SOBAT merupakan program inisiatif keberlanjutan UT yang masuk dalam pilar CSR di bidang pendidikan atau UT for Education and Bright Future (UTFUTURE). SOBAT saat ini telah membina 1.614 sekolah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang memiliki tujuan untuk membangun masa depan bangsa melalui program pembinaan dan pendampingan di berbagai level pendidikan sekolah di Indonesia. Program ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDG’s) poin keempat yaitu terkait pendidikan yang berkualitas secara inklusif dan merata.

Melalui kontribusi nyata yang UT lakukan diharapkan semua sekolah binaan dapat meningkatkan kapasitas, lebih tangguh, dan memberikan dampak positif bagi daerah sekitarnya. Selain itu, program ini sebagai upaya Perusahaan dalam menciptakan nilai tambah dan membina generasi muda Indonesia yang lebih berbakat, kompetitif, dan mandiri.

Turut hadir dalam acara ini Ardan Simeru, Kepala Bidang SMK, Dinas Pendidikan Provinsi Riau; Ahmad Badwi, Kasi SMK, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur; Muhammad Yasir, Kepala BVPV Kota Samarinda; dan Kukuh Eko, Kasubag Umum BVPV Kota Samarinda. (srv)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *