Benarkah Pelatih Timnas Malaysia Kelimpungan Susun Strategi Saat Lawan Timnas Indonesia di AFF U-23 2023?

Tak Berkategori

Informasi salah tentang kesiapan tetangga sebelah, judul video ini malah jadi bumerang yang berpotensi bikin kesal penontonnya.

Telah beredar kabar salah tentang pelatih Timnas Malaysia menjelang laga pembuka AFF U-23 2023 melawan Timnas Indonesia. Disebutkan salah pilih lawan sehingga kelimpungan menyusun strategi melawan skuad Garuda Muda.

Kabar yang tidak benar ini diunggah di kanal YouTube atas nama akun bernama KILAS DUNIA yang mengunggah video berjudul “Salah Pilih Lawan !! Pelatih Timnas Malaysia Kelimpungan Susun Strategi Lawan Timnas Indonesia.!!”.

Foto thumbnail adalah seorang presenter di kiri, serta para pemain Timnas Malaysia mengenakan jaket dan lambang negara mereka. Kalimat thumbnail adalah “BIKIN PIMPINAN FAM MURKA! PELATIH MALALAYSIA SALAH STRATEGI LAWAN INDONESIA”, dengan tambahan tempelan logo bertuliskan CNBC KILAS DUNIA.

Benarkah isi video ini kredibel atau menunjukkan bukti valid atas pemberitaannya?

Video ini memberitakan hal tidak benar soal pelatih Timnas Malaysia saat akan berlaga lawan Timnas Indonesia di AFF U-23 2023 (sumber: [screenshot YouTube])

CEK FAKTA

Video ini salah atau tidak benar, apalagi saat menyimak hasil laga Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia. Lepas dari situasi perolehan dan kebijaksanaan wasit, judul jadi tidak relevan, apalagi diunggah di saat kejuaraan berlangsung (18/8/2023).

PENJELASAN

Baca Juga:Evergrande Bangkrut, Ribuan Proyek Rumah Mangkrak di Tiongkok

Metro Suara.com mengadakan penelusuran judul dan konten video, hasilnya adalah:

* Judul video dan kalimat thumbnal terasa jumawa, apalagi bila ditonton sesudah gelaran pembuka AFF U-23 2023 yaitu antara Timnas kita dan Timnas tetangga sebelah.
Fakta: judul video “Salah Pilih Lawan !! Pelatih Timnas Malaysia Kelimpungan Susun Strategi Lawan Timnas Indonesia.!!” dan keterangan thumbnail “BIKIN PIMPINAN FAM MURKA! PELATIH MALALAYSIA SALAH STRATEGI LAWAN INDONESIA” (bukan salah ketik, pihak pengunggah memang mengetikkan “malalaysia”).
Logika: judul video menjadi sangat “lucu” bila menyimaknya sesudah gelaran pada Kamis (18/8/2023) yang dimenangkan Timnas Malaysia 2-1. Kalau pun belum, pembuat video bukanlah pakar sepak bola, komentator valid, maupun media kredibel yang bisa memberikan pernyataan jujur dan tanpa memihak. Mungkin saja video ini diunggah tepat saat Timnas Indonesia mencetak skor terlebih dahulu sehingga memunculkan rasa jumawa.

Ditinjau dari aspek tadi, maka video berjudul “Salah Pilih Lawan !! Pelatih Timnas Malaysia Kelimpungan Susun Strategi Lawan Timnas Indonesia.!!” memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Baca Juga:Biografi Marga T, Novelis ‘Badai Pasti Berlalu’, Intan Margaretha Harjamulia Meninggal Dunia

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *