Lapangan Jelek untuk Timnas Indonesia di AFF U-23 2023, Apakah yang Thailand Harapkan dari Pemain Kita?

Tak Berkategori

Informasi melenceng soal persiapan lapangan untuk kesjuaraan sepak bola ASEAN yang berlokasi di Thailand dan dibuka besok.

Beredar informasi salah tentang kesiapan tuan rumah Thailand dalam kejuaraan AFF U-23 2023 yang digelar 17-26 Agustus. Yaitu host menyediakan lapangan tidak layak bagi Timnas Indonesia.

Kali ini video disinformasi dibagikan akun bernama HBS Studio lewat kanal YouTube. Sebagai catatan, unggahan senada dari beberapa akun juga sudah bermunculan, dan sebagian telah diperiksa Metro Suara.com dengan hasil tidak valid atau tidak kredibel.

Akun ini mengunggah video berjudul “KURANG AJAR !! Timnas U23 diKasih LAPANGAN JELEK Gini di Thailand Jelang AFF – Info Timnas Terbaru”.

Dengan thumbnail Coach Shin Tae-yong tengah mengawasi anak didiknya, serta dilengkapi tulisan “LAPANGAN KAYAK KANDANG SAPI THAILAND KONYOL DAN GAK NIAT JADI TUAN RUMAH – KABAR TIMNAS INDONESIA”.

Apakah klaim dari video yang beredar mulai Rabu (16/8/2023) ini memiliki kebenaran?

Video ini tidak bisa menunjukkan seperti apakah definisi kandang sapi, malahan menggunakan ilustrasi stadion 4 seasons country untuk situasi Thailand. Jelas salah (X) (sumber: [screenshot YouTube].)

CEK FAKTA
 
Video ini tidak memiliki sumber valid dan kredibel, dengan foto thumbnail bukan di lokasi yang sebenarnya (Thailand) pula. Sehingga informasi yang diberikan adalah salah atau tidak benar.

PENJELASAN

Metro Suara.com menelusuri foto thumbnail dan judul, hasilnya adalah:

Baca Juga:Thailand Pilih-Pilih Beri Fasilitas Latihan dan Akomodasi untuk Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2023?

* Foto thumbnail salah, bukan diambil in situ, at the event, atau bukan di Thailand.
Fakta: perhatikan foto kiri, di mana Coach Shin Tae-yong mengenakan beanie, balaclava, atau penghangat kepala,serta jaket parasut. Demikian pula foto kanan, dengan para pemain mengenakan outfit warmer, insulator, atau penghangat.
Logika: seperti Indonesia, Thailand berada di daerah tropis, sekitar garis Khatulistiwa, jadi, apakah logis seluruh pemain dan pelatih mengenakan penahan panas atau insulator? Kalaupun mengenakan, sekarang simak kondisi lapangan, apakah layak atau tidak? Silakan dinilai sendiri.

* Pemilihan kata tidak pada tempatnya, hanya dengan tujuan agar penonton tertarik, emosi, atau berempati sehingga melakukan klik atas judul video.
Fakta: pemilian kata adalah  “kurang ajar”, “lapangan jelek”, “lapangan kayak kandang sapi”.
Logika: kandang sapi bukanlah luasan tempat bermain bola, akan tetapi kandang, sehingga bentuknya pasti tidak luas seperti lokasi yang dinamakan lapangan. Pengadaan lapangan untuk kejuaraan apapun pasti telah mengacu kepada suatu hal yang dinamakan peraturan atau rules. Apalagi kelas internasional

* Menilik pemilihan kata dan foto thumbnail ini sudah menunjukkan seperti apa kualitas dari video ini, sehingga tidak perlu dicek lebih detail.

Video berjudul “KURANG AJAR !! Timnas U23 diKasih LAPANGAN JELEK Gini di Thailand Jelang AFF – Info Timnas Terbaru” memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Baca Juga:Sudah Ada Skor Hasil Pertandingan AFF U-23 2023 untuk Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia?

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *