Panji Gumilang Ditetapkan Sebagai Tersangka, Kini Mahfud MD Ambil Alih Menjabat Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun?

Tak Berkategori

Informasi salah tentang kepemimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun pascapenetapan Polri atas Panji Gumilang.

Beredar disinformasi berita yang menyebutkan bahwa Menko Polhukam atau Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD kini resmi menjadi pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Jawa Barat karena Panji Gumilang ditetapkan menjadi tersangka.

Kabar ini disampaikan lewat kanal YouTube oleh akun bernama GARUDA NEWS yang mengunggah video berjudul “GEMPAR || MAHFUD MD RESMI PIMPIN AL-ZAYTUN GANTIKAN PANJI GUMILANG, LANGSUNG DISAMBUT RIBUAN SANTRI”.

Foto thumbnail adalah Mahfud MD tengah berjalan kaki diiringi beberapa orang semua mengenakan sarung dan peci. Dengan tulisan penyerta “BREAKING NEWS DISAMBUT RIBUAN SANTRI !!MAHFUD MD RESMI PIMPIN AL-ZAYTUN GANTIKAN PANJI G”.

Apakah berita soal pemimpin baru pondok pesantren ini benar adanya?

CEK FAKTA

Berita ini salah atau tidak benar, karena tidak ada berita dari sumber kredibel yang menyatakan bahwa Mahfud MD kini menjabat di Al Zaytun.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id mengadakan penelusuran, dan hasilnya:

* Foto thumbnail yang digunakan identik dengan foto di laman Investigasi Bhayangkara.com. Gambar itu adalah momen ketika Mahfud MD bersilaturahmi ke Ponpes Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, pada Sabtu (22/4/2023).

* Judul dan isi dari video berdurasi 8 menit ini sama sekali tidak sesuai.

* Narator hanya membacakan artikel di laman Warta Kota, berjudul “Panji Gumilang Ditetapkan Tersangka, Mahfud MD Jamin Pendidikan di Ponpes Al Zaytun Tetap Berjalan”.

Artikel itu memuat pernyataan Mahfud MD yang mengatakan pemerintah akan menjamin keberlangsungan proses pendidikan di Ponpes Al Zaytun meski Panji Gumilang ditetapkan menjadi tersangka.

Dengan demikian, video berjudul “GEMPAR || MAHFUD MD RESMI PIMPIN AL-ZAYTUN GANTIKAN PANJI GUMILANG, LANGSUNG DISAMBUT RIBUAN SANTRI” memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *